Etika Profesi

Etiket

Pengertian Etiket

Kata etiket berkaitan erat dengan nilai sopan santun, tata krama dalam pergaulan formal. Menuru KBBI, moral adalah  (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dsb; akhlak; budi pekrti; susila.

Persamaan antara etika dan etiket adalah mengenai perilaku manusia. Istilah tersebut dipakai mengenai manusia tidak mengenai binatang karena binatang tidak mengenal etika maupu etiket. Kedua-duanya mengatur perilakku manusia secara normatif yang etis. Artinya memberikan pedoman atau norma-norma tertentu yaitu bagaimanan seharusnya seseorang itu melakukan perbuatan dan tidak melakukan sesuatu perbuatan.

Definisi Etiket

  1. Etiket adalah tata aturan sopan santun yang disetujui oleh masyarakat tertentu dan menjadi norma serta panutan dalam bertingkah laku sebagai anggota masyarakat yang baik dan menyenangkan.
  2. Etiket merupakan kumpulan tata cara dan sikap baik dalam pergaulan antar manusia yang beradab.
  3. Menurut KBBI Etiket adalah tata cara (adat sopan santun, dsb) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik a antara sesama manusia.

Etiket didukung oleh:

  1. Nilai-nilai kepentingan umum
  2. Nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, kebaikan
  3. Nilai-nilai kesejahteraan
  4. Nilai-nilai kesopanan, harga-mengharigai
  5. Nilai-nilai  pertimbangan rasional, mampu membedakan sesuatu yang bersifat rahasia dan yang bukan rahasia

Perbandingan antara etika dan etiket (K. Bertens, Etika, 1994)

No Etika Etiket
1 Etika adalah niat, apakah perbuatan itu boleh dilakukan atau tidak sesuai pertimbangan niat baik atau buruk sebagai akibatnya Etiket adalah cara melakukan perbuatan benar sesuai dengan yang diharapkan
2 Etika adalah nurani (bathiniah), bagaimana harus bersikap etis dan baik yang sesungguhnya timbul dari kesadaran dirinya Etiket adalah formalitas (lahiriah), tampak dari sikap luarnya penuh dengan sopan santun dan kebaikan
3 Etika bersifat absolute, artinya tidak dapat ditawar-tawar lagi, kalu perbuatn baik mendapat pujian dan yang salah harus mendapat sanksi Etiket bersifat relative, yaitu dianggap tidak sopan dalam suatu kebudayaan daerah tertentu tetapi belum tentu di tempat derah lainnya
4 Etika berlakunya tidak tergantung pada ada atau tidaknya orang yang hadir Etiket hanya berlaku jika ada orang lain yang hadir dan jika tidak orang lain maka etiket itu tidak berlaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s