KAS

Yang termasuk dan tidak termasuk KAS

Yang termasuk kas :

  1. Harta sangat lancar milik perusahaan. Pada dasarnya harta sangat lancar adalah berupa uang kertas/uang logam dalam bentuk cash money. dalam hal ini “cash money” yang dimaksud adalah uang perusahaan yang bisa dan bebas digunakan untuk keperluan perusahaan namun bukan dana yang disisihkan untuk keperluan tertentu.
  2. Simpanan di bank dalam bentuk tabungan atau giro. Dalam hal ini simpanan yang dimaksud tentu saja yang mudah dan dengan segera dapat diambil oleh perushaan untuk membiayai aktivitas perusahaan.
  3. Berbagai jenis kertas berharga yang memenuhi syarat serta biasa dipai sebagai alat pembayaran oleh berbagai pihak termasuk bank.

Yang tidak termasuk kas:

  1. Semua harta perusahaan yang bersifat kurang/tidak lancar.
  2. Uang logam/uang kertas yang secR fisik memang milik perusaaan, namun tidak dapat digunakan karena sudah disihkan untuk suatu keperluan perusahaan.
  3. Simpanan di bank yang sifatnya tidak mudah untuk diambil karena terikat oleh perjanjian dengan pihak bank berupa penalti atau pengurangan jumlah uang perusahaan apabila diambil sebelum jatuh temponya.
  4. Berbagai jenis kertas berharga yang tidak dapat ditukar di bank atau tidak dapat diterima oleh pihak lain dikarenakan tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Berbagai jenis surta-surat berharga (Marketable Securities).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s